Thursday, December 1, 2011

Sudah Siapkah Anda Meledakkan Bisnis di Tahun 2012?

Tidak lama lagi tahun 2011 akan berlalu dan tahun 2012 akan datang. Sudahkah anda melakukan evaluasi bisnis tahun ini? Siapkah anda melejitkan bisnis anda di tahun 2012? Apa saja yang harus dipersiapkan tahun depan untuk membuat bisnis anda bertambah kuat?

Pastikan anda membaca tips meningkatkan bisnis di tahun 2012 berikut ini.

Apa yang harus dilakukan untuk membuat bisnis anda bertambah maju di tahun 2012?

* Temukan penghambat bisnis. Apa kira-kira yang menahan laju peningkatan bisnis anda tahun ini? Coba lihat proses bisnis anda. Bereskan hal itu agar tak berulang tahun depan.
* Perlancar arus kas. Tingkatkan cash flow bisnis anda agar lebih lancar. Ini penting, karena tidak lancarnya arus kas bisa mengganggu pertumbuhan bisnis anda. Cari tahu dimana penghambat cash flow selama ini, dan cari solusinya.

* Meningkatkan keuntungan. Cari cara untuk terus meningkatkan keuntungan bisnis anda. Bisa dengan menaikkan harga dan mengurangi jumlah pengeluaran.
* Maksimalkan daya ungkit. Buat bisnis anda lebih menguntungkan dengan memaksimalkan daya ungkit atau leverage bisnis. Lakukan daya ungkit dalam segala aspek bisnis anda.
* Tekan biaya tetap. Tiap bisnis pasti punya biaya tetap (fixed cost). Upayakan untuk menekan biaya tersebut agar bisnis anda bisa lebih kompetitif.
* Tutup bisnis yang tidak menguntungkan. Jika ada bisnis anda yang tidak menguntungkan, cari tahu apa sebabnya dan ACTION-lah untuk mengubahnya lebih baik.
Namun jika tak juga kunjung membaik, jangan ragu menutupnya. Fokuslah mengelola bisnis yang berkembang baik dan menguntungkan.
* Kerjasama bisnis. Terus kembangkan bisnis anda dengan mencari celah dan bekerjasama dengan pebisnis lain. Anda bisa kolaborasikan bisnis yang anda miliki dengan pebisnis lain untuk mendapatkan keuntungan bersama.
* Siapkan strategi marketing. Rencanakan strategi marketing yang akan dijalankan di tahun 2012. Lihat strategi marketing tahun ini. Evaluasi strategi apa yang berjalan baik dan tidak. Dan rancang strategi marketing berdasar evaluasi tersebut, serta memprediksi kondisi pasar.
* Tingkatkan peralatan pendukung. Untuk meningkatkan bisnis, jelas anda butuh peralatan pendukung. Kalau anda punya bisnis salon, mungkin anda perlu siapkan pembelian peralatan-peralatan salon baru. Kalau anda punya fans page Facebook, jelas fans page anda perlu dilengkapi tool penarik banyak fans Facebook. Jangan ragu investasi!
* Produk dan bisnis baru. Apa yang akan anda luncurkan tahun depan? Punya ide bisnis baru? Atau mungkin punya rencana produk baru? Kalau anda pebisnis, jelas anda harus lakukan itu. Untuk meningkatkan bisnis, anda harus punya sesuatu yang baru, yang bermanfaat, dan diminati pasar.

Bagaimana? Anda siap meledakkan bisnis anda di tahun 2012?

2 comments:

  1. lha ko ora nyambung karo alamat lan judul blog.e...
    haha

    ReplyDelete
  2. wkwkwkwk.... santai bung ini posting percobaan.. kenapa adsnya tidak muncul. ternyata juga bersangkutan dengan postingan hehe maka dari itu ane coba2 masukin postingan ini ckckckck

    ReplyDelete

stats

DMCA.com backlink Text Back Link Exchange Free Automatic Link links free referer Ping your blog, website, or RSS feed for Free